3 Contoh Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Dibawah 1 juta

Meskipun sebagian besar waktu dihabiskan di rumah, Ibu rumah tangga masih tetap bisa produktif dengan membuka usaha sendiri. Ada banyak contoh peluang bisnis ibu rumah tangga dengan modal minim yang bisa dicoba.

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga harus bisa dikelola dengan mudah mengingat waktu senggang yang dimiliki tidaklah banyak. Selain itu sebaiknya bisnis ibu rumah tangga bisa dikerjakan di rumah agar bisa tetap mengurus kebutuhan keluarga. Jika ditekuni dengan benar, bisnis ibu rumah tangga bisa mendatangkan omset besar.

Contoh Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kurang dari 1 Juta

Pemilihan bisnis sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan serta budget yang dimiliki. Jika modal yang Anda miliki tidak banyak, berikut ini adalah beberapa ide usaha ibu rumah tangga yang bisa dimulai dengan budget dibawah 1 juta, diantaranya:

Menjual Gorengan

Gorengan menjadi jajanan yang paling laris diburu konsumen dan diminati oleh semua kalangan. Untuk membuka usaha jualan gorengan, modal yang diperlukan tidaklah banyak. Anda bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah.

Selain itu Anda juga bisa menggelar dagangan di depan rumah. Atau bisa juga dengan menitip jualan di warung-warung. Persaingan usaha di bidang ini memang cukup ketat. Untuk menarik banyak pelanggan, tak ada salahnya membuat menu baru yang unik agar dagangan Anda laris pembeli.

Membuka Laundry

Jika Anda memiliki mesin cuci di rumah, contoh peluang bisnis ibu rumah tangga yang satu ini cocok dicoba. Modal yang dibutuhkan tidak banyak. Anda hanya perlu membeli detergen, pewangi, dan perlengkapan lainnya.

Bisnis ini bisa Anda buka di rumah dan bisa dikerjakan sembari mengasuh anak. Pemasaran bisa dilakukan dengan menawarkan ke tetangga atau teman-teman. Bila perlu tawarkan promo misalnya seperti laundry 5 kali gratis laundry 1 kali. Dengan begitu akan banyak pelanggan yang datang menggunakan jasa Anda.

Menyediakan Kamar Kos

Ada banyak ibu rumah tangga yang memilih bekerja sebagai freelancer untuk mengisi waktu luang. Namun ternyata mengatur waktu untuk bekerja sekaligus menjadi ibu tidaklah mudah.

Bagi Anda yang memiliki kamar lebih di rumah, ada baiknya menyediakan sewa kos saja. Pendapatan pasif yang diperoleh bisa membantu ekonomi keluarga. Modalnya pun kecil karena hanya menyediakan kamar saja.

Selain 3 contoh peluang bisnis ibu rumah tangga yang disebutkan diatas, masih banyak lagi peluang usaha lain yang dapat dicoba. Misalnya seperti membuka toko online, menjadi reseller dan dropshipper, dan lain-lain. Usaha bermodal kecil tersebut bisa mendatangkan banyak untung jika dikelola dengan baik.